RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP N/S
Mata Pelajaran : PAI & BP
Materi Pokok : Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk
Sub Materi : Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Alokasi Waktu : 3 X 40 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
Ø Mendeskripsikan pengertian iman kepada hari akhir dengan benar.
Ø Menunjukkan dalil iman kepada hari akhir dengan benar.
B. LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN (10 Menit) |
|
Penguatan Pendidikan Karakter
|
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
v Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, |
|
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra dalam kehidupan sehari-hari |
|
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung v Pembagian kelompok belajar |
|
KEGIATAN INTI ( 100 Menit) |
|
Literasi |
v Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan) Mengamati Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan · Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra |
Critical Thinking |
v Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra Misalnya · Jelaskan pengertian hari kiamat! · Bagaimana cara menjalani kehidupan di dunia yang baik? |
Collaboration (Kerja Sama) |
Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku v Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra v Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu · Peserta didik diminta untuk melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas Siswa 1“, mengamati gambar yang ada pada kolom pengertian hari akhir dan memberikan komentar. · Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk mencari data atau informasi dan diskusi tentang arti beriman kepada hari akhir. · Peserta didik diminta untuk melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas Siswa 2“, membaca dan mengartikan Q.S. al-Qāri’ah /101 : 4-5 dan az-Zalzalah/99 : 1-2. v Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) |
Communication (Komunikasi |
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. |
Creativity (Kreativitas |
Kesimpulan Pembelajaran v Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra v Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan yang akan selesai dipelajari |
PENUTUP (10 Menit) |
|
Peserta didik |
v Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru |
v Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran. v Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya. |
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Tes Tertulis |
: Terlampir |
||
|
praktek |
:
|
|
Mengetahui |
, 01 Januari 2020 |
||
Kepala SMP N/S |
Guru Mata Pelajaran |
||
|
|
||
|
|
||
|
|
||
......................... |
......................... |
0 komentar:
Posting Komentar