Sabtu, 06 Juni 2020

RPP SATU LEMBAR PAI KELAS 9

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan : SMP N/S

Mata Pelajaran        : PAI & BP

Materi Pokok           : Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk

Sub Materi               : Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra

Kelas/Semester      : IX/Ganjil

Alokasi Waktu         : 3 X 40 Menit

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

Ø  Mendeskripsikan  pengertian iman kepada hari akhir  dengan benar.

Ø  Menunjukkan dalil iman kepada hari akhir dengan benar.

 

B.       LANGKAH - LANGKAH (KEGIATAN) PEMBELAJARAN

KEGIATAN PENDAHULUAN (10 Menit)

Penguatan Pendidikan Karakter

 

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya,

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra dalam kehidupan sehari-hari

v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung

v  Pembagian kelompok belajar

KEGIATAN INTI  ( 100 Menit)

Literasi

v  Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

Mengamati

Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan

·         Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra

Critical Thinking

v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra Misalnya

·         Jelaskan pengertian hari kiamat!

·         Bagaimana cara menjalani kehidupan di dunia yang baik?

Collaboration (Kerja Sama)

Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku

v  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra

v  Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu

·         Peserta didik diminta untuk melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas Siswa 1“, mengamati gambar yang ada pada kolom pengertian hari akhir dan memberikan komentar.

·         Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan tugas  untuk mencari data atau informasi dan diskusi tentang arti beriman kepada hari akhir.

·         Peserta didik diminta untuk melaksanakan kegiatan yang ada di kolom “Aktivitas Siswa 2“,  membaca dan mengartikan Q.S. al-Qāri’ah /101 : 4-5 dan az-Zalzalah/99 : 1-2.

v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Communication (Komunikasi

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi  yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Creativity (Kreativitas

Kesimpulan Pembelajaran

v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang  Pengertian Hari Akhir dan Macam-Macam Kiamat dan Kejadian Kiamat Kubra

v  Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan  yang akan selesai dipelajari

PENUTUP (10 Menit)

Peserta didik

v  Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru

v  Memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya.

 

C.       PENILAIAN PEMBELAJARAN

Tes Tertulis

: Terlampir

 

praktek

:

 

 

 

Mengetahui

, 01 Januari  2020

Kepala SMP N/S

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

.........................

.........................

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts